Tautan-tautan Akses

Sekretaris Kabinet Jepang Kabarnya Ingin Lanjutkan Kepemimpinan PM Abe


Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga memperkenalkan 'Reiwa' sebagai nama era baru di kantor perdana menteri di Tokyo, Jepang, 1 April 2019. (Foto: Franck Robichon/Pool via Reuters)

Berbagai media Jepang menyatakan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga akan berusaha menggantikan Shinzo Abe sebagai perdana menteri mendatang negara itu.

Suga diperkirakan akan mengumumkan pekan ini bahwa ia akan berupaya menjadi ketua Partai Demokrat Liberal (LDP). Para kandidat lain yang mengincar jabatan tersebut di antaranya mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida.

Berdasarkan sistem parlementer Jepang, partai berkuasa memilih orang yang akan menjadi perdana menteri, biasanya ketua partai itu.

Suatu jajak pendapat umum yang dilakukan Kyodo News menunjukkan 34 persen responden menginginkan Ishiba menjadi perdana menteri mendatang, disusul Suga di tempat kedua dengan dukungan 14 persen. Ishiba gagal menantang Abe sebagai ketua LDP dalam pemilihan terakhir di dalam partai pada tahun 2018.

Namun, para analis mengatakan Suga kemungkinan besar memiliki dukungan lebih banyak di kalangan para anggota parlemen dan mungkin unggul jika pemungutan suara dilakukan terbatas pada mereka dan para pejabat partai.

Pemilihan ketua partai diperkirakan akan diadakan pada 14 September mendatang.

Abe mendadak mengumumkan pengunduran dirinya Jumat (28/8), setahun sebelum masa jabatannya berakhir, dengan alasan kambuhnya penyakit kolitis ulseratif yang ia derita sejak remaja. Penyakit ini memaksanya mempercepat berakhirnya masa jabatan pertamanya sebagai perdana menteri pada 2007, setelah hanya satu tahun menjabat.

Abe yang berusia 65 tahun adalah perdana menteri paling lama menjabat di Jepang pada Senin lalu (24/8), memecahkan rekor Eisaku Sato, yang menjabat 2.798 hari dari tahun 1964 hingga 1972. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG