Tautan-tautan Akses

Sekolah Kejuruan di Amerika



Presiden AS Donald Trump memperhatikan Rita Urmie (duduk), seorang siswa, mengoperasikan simulator di Kirkwood Community College di Cedar Rapids, Iowa, 21 Juni 2017. (Foto: Reuters)
Presiden AS Donald Trump memperhatikan Rita Urmie (duduk), seorang siswa, mengoperasikan simulator di Kirkwood Community College di Cedar Rapids, Iowa, 21 Juni 2017. (Foto: Reuters)

Tidak semua orang bisa atau mau belajar di universitas untuk mendapat gelar bergengsi, dan tentunya gaji tinggi. Bagi anak-anak muda yang tidak bisa mengeluarkan dana besar atau waktu untuk belajar lama di universitas, ada pilihan lain, yaitu sekolah kejuruan.

Sekolah kejuruan atau vocational school banyak terdapat di Amerika bagi siswa yang tidak bermaksud melanjutkan pendidikan tinggi di universitas atau perguruan tinggi.

Sekolah kejuruan ini menekankan pendidikan praktis bagi siswa tamatan SMA. Tujuannya, supaya setelah belajar di sekolah itu, siswa bisa langsung mencari pekerjaan di bidang yang terkait.

Sekolah kejuruan bukan hanya untuk anak-anak muda yang ingin langsung bekerja, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa yang sudah pensiun atau yang berhenti dari satu pekerjaan, supaya ia bisa kembali bekerja dalam bidang yang lain.

Pelajaran yang diperoleh dari sekolah kejuruan difokuskan pada kepandaian atau keterampilan untuk bekerja dalam bidang industri tertentu, tanpa harus mengambil mata-mata kuliah yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan yang diminati.

Sekolah kejuruan biasanya memberikan kursus-kursus pendek selama 10 minggu atau kurang, tapi ada juga yang bisa berlangsung sampai dua tahun.

Sejumlah negara bagian menyediakan sekolah kejuruan pada apa yang disebut community college. Community college adalah semacam lembaga pendidikan non-universitas atau untuk persiapan bagi siswa yang akan melanjutkan pelajaran ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu angka-angka ujian yang diperoleh di community college bisa ditransfer ke universitas sebagai syarat masuk.

Ricky Eaton, 16, sedang membuat kursi di sekolah kejuruan di Pulau Penikese, Juni 2005.
Ricky Eaton, 16, sedang membuat kursi di sekolah kejuruan di Pulau Penikese, Juni 2005.

Community college bisa mengeluarkan sertifikat, diploma atau pun associate degree, yang di Amerika diartikan sebagai undergraduate degree, yang bisa diperoleh setelah belajar selama dua atau tiga tahun setelah SMA. Atau dengan kata lain, undergraduate degree adalah tingkat kualifikasi antara diploma SMA dengan diploma bachelor’s degree.

Di Indonesia ada lebih dari 20 jenis bachelor’s degree, misalnya Sarjana Psikologi, Sarjana Teknik, Sarjana Sains dan Sarjana Farmasi.

Kembali ke sekolah kejuruan atau vocational school, di Amerika biasanya pelajaran hanya dipusatkan pada satu bidang saja, seperti keterampilan automotif atau bidang perawatan kesehatan.

Sekolah kejuruan kosmetologi, misalnya, juga memberikan pelajaran dalam bidang terkait seperti penata rambut, tukang cukur, dan perawatan kuku.

Ada juga sekolah kejuruan yang memberikan berbagai mata pelajaran yang tidak terkait dengan pelajaran utama, seperti kursus dalam bidang pertanian, pekerjaan kantor atau keterampilan teknis.

Contoh kepandaian atau keterampilan yang bisa diperoleh dari sekolah kejuruan adalah teknik pengelasan, teknik saluran air, pertukangan kayu, tukang kunci dan tukang listrik. Kemudian ada juga pelajaran untuk menjadi montir mobil atau sepeda motor, merangkai bunga, menjadi pekerja hotel dan restoran, dan menjadi medical transcriber, yaitu orang yang menuliskan laporan-laporan lisan yang disampaikan dokter setelah memeriksa keadaan pasien. Untuk keahlian ini, orang harus tahu banyak istilah kedokteran, kata-kata singkatan dan nama-nama obat yang umum diresepkan oleh dokter.

Syarat-syarat masuk sekolah kejuruan ini adalah umur paling rendah 16 atau 17 tahun, punya diploma sekolah menengah atas atau selesai menjalani program belajar di rumah yang diakui oleh lembaga pendidikan setempat. Sekolah kejuruan di Amerika pada umumnya adalah lembaga pendidikan swasta, walaupun ada juga yang ditawarkan oleh community college. [isa ismail]

XS
SM
MD
LG