Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Bertemu Aung San Suu Kyi di Rangoon


Sedmi opšti izbori poslije 1990. godine. Bosna i Hercegovina bira tri člana predsjedništva, zakonodavce i čelnike entiteta. (AP Photo/Amel Emric)
Sedmi opšti izbori poslije 1990. godine. Bosna i Hercegovina bira tri člana predsjedništva, zakonodavce i čelnike entiteta. (AP Photo/Amel Emric)

Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah bertemu dengan tokoh pro-demokrasi Burma Aung San Suu Kyi di rumah kediamannya di Rangoon.

Ban Ki-moon menemui anggota parlemen Burma yang baru terpilih itu sehari setelah pemenang hadiah Nobel itu setuju mengakhiri pemboikotan parlemen yang didominasi militer di negara itu.

Ini merupakan pertemuan pertama kalinya antara Aung San Suu Kyi dan pimpinan PBB yang sedang melakukan kunjungan selama tiga hari di Burma.

Sekjen PBB Ban Ki-moon memuji anggota parlemen Burma yang baru terpilih dan pemimpin pro-demokrasi Aung San Suu Kyi karena setuju untuk mengakhiri boikot terhadap parlemen yang didominasi militer negara itu.

Pada hari Senin, Aung San Suu Kyi dan partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) mengumumkan mereka akan menghadiri parlemen untuk pertama kalinya, Rabu, untuk mengambil sumpah jabatan.

NLD sebelumnya keberatan dengan kalimat dalam sumpah jabatan yang mewajibkan anggota parlemen untuk "melindungi Undang-Undang Dasar," yang disusun oleh bekas penguasa militer dan yang telah menyediakan jatah seperempat dari seluruh kursi di parlemen bagi anggota militer tanpa melalui pemilu.

Recommended

XS
SM
MD
LG