Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Tindakan Cepat untuk Atasi Perubahan Iklim


Asap dan uap tampak mengepul keluar dari PLTU batu bara di Hejin, provinsi Shanxi, China, pada 28 November 2019. (Foto: AP/Sam McNeil)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, pada Rabu (7/12), menyerukan "kesepakatan perdamaian dengan alam", serta "sebuah langkah dramatis dalam aksi iklim."

Berbicara kepada wartawan di Konferensi 15 Pihak (COP15) untuk Konvensi PBB mengenai Keanekaragaman Hayati (CBD), Guterres mengatakan,

"Kita membutuhkan bisnis dan investor yang mengutamakan perlindungan dalam rencana bisnis mereka dan berinvestasi dalam metode produksi dan metode-metode pengambilan yang berkelanjutan di setiap mata rantai pasokan mereka. Dan kita membutuhkan langkah dramatis dalam aksi iklim."

COP15, yang dimulai sejak Selasa (6/12), berharap dapat menetapkan tujuan dunia untuk dekade berikutnya guna membantu melestarikan keanekaragaman hayati planet bumi dan membendung kerusakan alam yang kini terus terjadi. Sejauh ini dunia telah gagal memenuhi tujuan yang ditetapkan pada pertemuan sebelumnya.

Aksi iklim dan perlindungan keanekaragaman hayati, kata Guterres, "adalah dua sisi dari mata uang yang sama." [my/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG