Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Kutuk Pembunuhan Demonstran oleh Pasukan Keamanan Sudan


Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk serangan pasukan keamanan Sudan terhadap demonstran di Khartoum.
Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk serangan pasukan keamanan Sudan terhadap demonstran di Khartoum.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk serangan pasukan keamanan Sudan terhadap lokasi demonstrasi di Khartoum hari Senin (3/6) yang menewaskan atau melukai puluhan orang.

“Ia mengutuk penggunaan kekuatan untuk membubarkan demonstran di lokasi di mana mereka menggelar aksi duduk, dan ia khawatir dengan laporan bahwa pasukan keamanan juga menembaki fasilitas medis,” ujar juru bicara Guterres di kantor PBB di New York. “Sekjen PBB mengingatkan tanggungjawab Dewan Militer Transisi Sudan atas keselamatan dan keamanan warga Sudan. Ia juga menyerukan kepada seluruh pihak untuk sedapat mungkin menahan diri.”

Ledakan dan tembakan mesin terdengar ketika pasukan keamanan menyerbu sebuah lokasi demonstrasi di luar Kementerian Pertahanan di mana para demonstran melancarkan protes selama delapan minggu terakhir, menuntut kekuatan militer untuk menyerahkan kekuasaan kepada otorita sipil.

Sejumlah saksi mata mengatakan lokasi demonstrasi itu sudah dibersihkan.

The Central Committee of Sudan Doctors yang dekat dengan lokasi gerakan demonstrasi itu mengatakan sedikitnya 30 orang tewas dan banyak lainnya luka-luka. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG