Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB: Amerika Selatan dan Karibia Jadi ‘Hot Spot’ Pandemi


Sekjen PBB, Antonio Guterres dampak Covid-19 terhadap negara-negara di kawasan Amerika Selatan dan Karibia diperkirakan akan menyebabkan resesi terdalam.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan Amerika Selatan dan Karibia telah menjadi pusat perebakan pandemi Covid-19, dengan beberapa negara mencatat tingkat infeksi per kapita tertinggi di dunia.

Dalam penjelasan laporan yang disampaikan melalui video hari Kamis (9/7), Guterres mengatakan dampak Covid-19 terhadap negara-negara di kawasan Amerika Selatan dan Karibia diperkirakan akan menyebabkan resesi terdalam.

Guterres mengatakan, dalam tanggapan jangka pendek, pemerintah harus mempertimbangkan agar orang-orang yang hidup dalam kemiskinan diberi penghasilan dasar darurat dan dana bantuan antikelaparan.

Ia mengatakan virus corona secara khusus berdampak pada kelompok-kelompok paling rentan di Amerika Selatan dan Karibia, yang tidak memiliki akses ke layanan kesehatan dan pekerjaan yang stabil.

Guterres mengemukakan bahwa warga pribumi keturunan Afrika, migran dan pengungsi juga terdampak besar.

Dalam laporannya, Guterres menyatakan beberapa negara di kawasan itu, yang tidak ia sebut namanya, tidak siap mengatasi krisis kesehatan dan kemanusiaan akibat pandemi.

Pemimpin PBB itu mengatakan masyarakat internasional harus memberikan bantuan finansial dan keringanan utang bagi Amerika Selatan dan Karibia. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG