Tautan-tautan Akses

Sekitar 74 Ribu Pencari Suaka Sekarang Ada di Yunani


Kamp pengungsi di kota Thiva, 90 kilometer utara Athena, Yunani, 14 Maret 2017. (Foto: dok).

Pihak berwenang Yunani menyatakan sekitar 74 ribu pencari suaka kini tinggal di negara itu, dan berbagai upaya sedang dilakukan untuk memperluas permukiman untuk mereka dan untuk meningkatkan kondisi di kamp-kamp di pulau untuk migran yang tiba melalui laut.

Menteri Migrasi Dimitris Vitsas mengatakan dalam beberapa bulan mendatang sekitar 6.000 orang akan dipindahkan ke pulau utama dari kamp-kamp di pulau. Berbagai organisasi HAM telah berulang kali mengritik kondisi di kamp-kamp tersebut.

Vitsas mengakui bahwa situasi di kamp-kamp tersebut “sulit”. Sekitar 20 ribu orang tinggal di fasilitas-fasilitas yang dirancang untuk ditinggali kurang dari 10 ribu orang.

Kamp pengungsi baru di kawasan bekas pabrik, Derveni, utara Thessaloniki, 27 Mei 2016. (Foto: dok).
Kamp pengungsi baru di kawasan bekas pabrik, Derveni, utara Thessaloniki, 27 Mei 2016. (Foto: dok).

Tahun ini, sekitar 42 ribu migran telah memasuki Yunani secara ilegal, 14 ribu di antaranya melewati perbatasan darat negara itu, kebanyakan dari Turki. Vitsas mengatakan ia memperkirakan tidak akan ada kenaikan arus pengungsi tahun depan.

Ia menambahkan bahwa jumlah migran yang meninggalkan Yunani secara ilegal untuk menuju ke negara-negara Eropa lainnya juga minim. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG