Tautan-tautan Akses

Sejumlah Tokoh Terkemuka Israel Dukung Pengakuan Negara Palestina


Mantan ketua parlemen Israel (Knesset) Avraham Burg (kiri) dan pemenang Nobel ekonomi, Daniel Kahneman ikut mendukung kemerdekaan Palestina.
Mantan ketua parlemen Israel (Knesset) Avraham Burg (kiri) dan pemenang Nobel ekonomi, Daniel Kahneman ikut mendukung kemerdekaan Palestina.

20 tokoh masyarakat Israel, termasuk mantan ketua parlemen dan pemenang Nobel, menandatangani surat pernyataan dukungan itu.

Sekelompok tokoh terkemuka warga Israel telah menanda-tangani sepucuk surat yang mendesak para pemimpin Eropa agar mendukung usaha negara Palestina untuk mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Organisasi-organisasi berita Israel telah memberitakan isi surat itu hari Jumat. Surat tersebut ditanda-tangani oleh lebih dari 20 tokoh masyarakat yang terkenal di Israel, termasuk mantan ketua parlemen Avraham Burg, mantan direktur jenderal Kementerian Luar Negeri Alon Leil dan pemenang hadiah Nobel dalam bidang ekonomi, Daniel Kahneman.

Surat itu mengatakan proklamasi kemerdekaan Palestina adalah langkah positif dan konstruktif mengingat rasa saling mencurigai dan mengulur-ulur waktu oleh kedua pihak.

Kelompok itu juga berjanji untuk mengakui negara Palestina yang didasarkan terutama pada garis perbatasan yang ada sebelum Perang Enam Hari tahun 1967, persyaratan yang ditentang oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Sebelumnya pekan ini, Presiden Palestina Mahmud Abbas berjanji untuk mengusahakan pengakuan PBB akan negara Palestina, kalau tidak ada kemajuan dalam pembicaraan perdamaian dengan Israel yang diperantarai Amerika Serikat sebelum September.

XS
SM
MD
LG