Tautan-tautan Akses

Sejarah Warga Kulit Hitam Jadi Bagian Wajib dari Kurikulum Sekolah di Wales


Suasana belajar di sebuah SMP di Greenwich, London, 24 Mei 2021. (Foto: dok).

Wales menjadi negara pertama di Britania Raya yang menjadikan sejarah warga kulit hitam sebagai bagian wajib dari kurikulum sekolah. Ini terjadi setahun setelah merebaknya protes Black Lives Matter di seluruh Inggris, yang menyerukan pemerintah dan sejumlah institusi untuk menghadapi warisan perbudakan dan kerajaan itu.

Di sekolah dasar Mount Stuart, sebuah sekolah multikultural di Cardiff, ibukota Wales, sejumlah murid tampak sedang menulis pidato yang terinspirasi oleh Martin Luther King.

Salah seorang murid mengatakan, "Martin Luther King menginspirasi pidato kami karena pidatonya itu menghentikan satu hal di dunia." Seorang murid lainnya mengatakan, "Ini benar-benar sangat menginspirasi, jadi setiap orang seharusnya bersama-sama menghentikan rasisme ini."

Suasana di sebuah kelas di Manchester, Inggris, 8 Maret 2021.
Suasana di sebuah kelas di Manchester, Inggris, 8 Maret 2021.

Shubnam Aziz, guru mereka, mengajukan pertanyaan. "Dapatkah kamu memberitahukan hal-hal yang telah kamu pelajari?." Salah seorang muridnya menjawab, "Kami telah mempelajari tentang Black Lives Matter dan bagaimana cara menghentikan rasisme dan bagaimana menjadi seorang yang antirasisme."

Kepada penyiar TV Sky News, Shubnam Aziz mengatakan, murid-murid mereka perlu melihat diri mereka tercermin dalam kurikulum itu. "Kami melihat sejarah lokal kami, industri batu bara, Perang Dunia Pertama, Perang Dunia Kedua. Bagaimana Teluk Cardiff menjadi sangat beragam? Jadi melalui semua itu, mereka mempunyai rasa memiliki."

Kojo Hazel, seorang guru kulit hitam di Treorchy Comprehensive School di South Wales Valleys, mengatakan, sebuah kurikulum yang beragam tidak hanya penting bagi sebagian wilayah Wales yang multikultural. Ia telah mengajarkan gerakan Black Lives Matter dan sejarah tentang atlet kulit hitam kepada murid-muridnya. South Wales Valleys adalah kawasan di mana kebanyakan sekolah di sana memiliki murid kulit putih.

"Pekerjaan saya benar-benar menjadi panutan bagi murid-murid di sini, agar dapat mengajari mereka tentang apa yang terjadi di luar kawasan Valleys."

Kurikulum baru itu, yang memasukkan sejarah warga kulit hitam dan komunitas etnik minoritas ke dalam seluruh mata pelajaran, akan mulai diberlakukan pada tahun 2022, menurut stasiun TV Inggris, Sky News. [lj/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG