Tautan-tautan Akses

AS

Sedikitnya 23 Tewas Akibat Tornado di Alabama


Warga berjalan di antara puing-puing yang berserakan pasca dihantam tornado di Lee County, Alabama, Minggu, 3 Maret 2019.

Sedikitnya 23 orang telah tewas dan banyak lagi yang terluka setelah tornado yang kuat menerjang negara bagian Alabama, Minggu (3/3).

Pihak berwenang setempat mengatakan sedikitnya dua tornado menghantam dalam cuaca buruk di wilayah tenggara Amerika. Korban tewas bisa bertambah setelah tim SAR menyelesaikan pencarian di bawah reruntuhan.

Sheriff Lee County (daerah setingkat kabupaten), Jay Jones mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa jumlah korban jiwa bisa meningkat, tetapi upaya pencarian dihentikan semalam karena puing-puing berbahaya akibat badai.

Rita Smith, juru bicara Badan Manajemen Darurat Lee County, mengatakan sekitar 150 petugas tanggap darurat terlibat dalam pencarian di bawah puing-puing setelah badai menghantam. Dia mengatakan banyak rumah hancur atau rusak berat di Beauregard, sekitar 95 kilometer arah timur dari Montgomery, ibukota negara bagian itu.

Badan Cuaca Nasional telah mengeluarkan peringatan akan kemungkinan terjadinya tornado untuk Alabama, Georgia, Florida dan South Carolina selagi cuaca buruk melanda wilayah tersebut hari Minggu.

Gubernur Alabama Kay Ivey menyatakan keadaan darurat untuk menyediakan sumber daya negara bagian ke daerah-daerah yang hancur. [lt]

XS
SM
MD
LG