Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 20 Tewas ketika Pasukan Somalia Memerangi Milisi


Seorang tentara Somalia berjalan melintas di depan Hotel Afrik usai serangan pemberontak di Mogadishu, Somalia, 1 Februari 2021. (Foto: AP)

Sejumlah saksi mata dan pejabat regional Somalia mengatakan sedikitnya 20 orang tewas dan lebih dari 40 terluka pada Sabtu (23/10) ketika sebuah kelompok Islamis moderat bentrok dengan pasukan pemerintah Somalia mengenai kontrol sebuah kota di Somalia tengah.

Bentrokan itu terjadi pada Sabtu (23/10) subuh ketika pasukan pemerintah yang berkumpul di luar Guri-El, sekitar 400 kilometer sebelah utara Ibu Kota Somalia, Mogadishu, menyerang pangkalan yang dikuasai oleh para pemberontak Ahlu Sunna Wal Jama'a (ASWJ).

Menurut para warga, kedua pihak menggunakan artileri berat, mortar, senapan mesin, dan senjata anti-pesawat dalam pertempuran sengit di jalan-jalan.

Berbicara dengan syarat identitasnya dirahasiakan, para pejabat militer dari kedua pihak yang beroposisi mengatakan kepada VOA bahwa korban jatuh di kedua belah pihak.

Ahmed Shire Falagle, menteri informasi regional Galmudug, mengatakan kepada VOA bahwa pasukan pemerintah pada akhirnya merebut kendali kota itu dan bahwa pihak lawan mundur.

VOA menghubungi beberapa pejabat ASWJ, tetapi belum dijawab. [vm/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG