Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 12 Aktivis Didiskualifikasi untuk Pemilu Legislatif Hong Kong


Anggota-anggota Partai Sipil, Jeremy Tam, Kwok Ka-ki, Alvin Yeung, Alan Leong, Dennis Kwok dan Tat Cheng menghadiri konferensi pers setelah 12 kandidat pro-demokrasi didiskualifikasi dari pencalonan untuk pemilihan umum ke legislatif di Hong Kong, 30 Juli, 2020.

Sedikitnya 12 aktivis prodemokrasi, termasuk Joshua Wong, didiskualifikasi untuk pemilihan anggota dewan legislatif Hong Kong.

Pihak berwenang, Kamis (30/7), mengatakan, pendiskualifikasian dilakukan karena mereka dianggap tidak menjunjung tinggi UU Dasar Hong Kong dan tidak menjanjikan kesetiaan mereka kepada Hong Kong dan Beijing.

Selain Wong, mereka yang dinyatakan tidak lulus persyaratan untuk mencalonkan diri adalah Tiffany Yuen dari Demosisto (organisasi politik yang baru-baru ini dibubarkan), legislator petahana Dennis Kwok dan tiga anggota partai prodemokrasi, Civic Party.

Keputusan pihak berwenang ini merupakan pukulan besar bagi kubu prodemokrasi yang ingin meraih mayoritas di dewan legislatif tahun ini.

Sebelumnya bulan ini, mereka melakukan pemilihan pendahuluan tidak resmi, di mana kandidat seperti Wong meraih suara terbanyak. Wong dan banyak kandidat prodemokrasi lainnya diminta untuk menjelaskan pendirian politik mereka sebelumnya bulan ini sewaktu pencalonan diri mereka dievaluasi.

Sementara beberapa kandidat lain saat ini masih dievaluasi, pemerintah melalui sebuah pernyataan, mengatakan mendukung pendiskualifikasian mereka. “Kami tidak menghapus kemungkinan bahwa beberapa calon lain juga akan didiskualifikasi,” sebut pernyataan itu. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG