Tautan-tautan Akses

Secara Terpisah, Biden, Trump akan Kunjungi Perbatasan AS-Meksiko


Presiden AS Joe Biden berbicara dengan petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS saat ia mengunjungi perbatasan AS-Meksiko di El Paso, Texas, pada 8 Januari 2023. (Foto: AFP)
Presiden AS Joe Biden berbicara dengan petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS saat ia mengunjungi perbatasan AS-Meksiko di El Paso, Texas, pada 8 Januari 2023. (Foto: AFP)

Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump masing-masing melakukan kunjungan ke perbatasan AS-Meksiko pada Kamis (29/2). Keamanan perbatasan tampaknya akan menjadi isu utama kampanye dalam pemilihan presiden pada November.

Biden akan berangkat ke Brownsville, Texas, yang terletak di wilayah di mana penyeberangan ilegal ke AS telah menurun tajam dalam beberapa tahun terakhir.

Gedung Putih mengatakan Biden akan berpidato dan menerima pengarahan mengenai situasi perbatasan dari Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS, Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS, serta Badan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Trump, yang berusaha membangun tembok tinggi di perbatasan AS-Meksiko dalam masa kepresidenannya, akan mengunjungi Eagle Pass, Texas. Ini adalah salah satu sektor paling sibuk untuk penyeberangan ilegal dalam beberapa bulan terakhir.

Keamanan perbatasan telah menjadi pusat perdebatan legislatif di Washington sementara pemerintahan Biden mendorong paket keamanan dengan pendanaan baru untuk Ukraina dan Israel. Partai Republik, khususnya di Dewan Perwakilan Rakyat, menganjurkan untuk memasukkan langkah-langkah keamanan perbatasan ke dalam RUU itu.

Trump menentang proposal bipartisan dari Senat yang mencakup sejumlah ketentuan keamanan perbatasan bersama bantuan Ukraina yang pada akhirnya menyebabkan proposal itu kalah di Senat. Anggota DPR dari fraksi Republik sejak itu bersikeras bahwa isu perbatasan harus diselesaikan sendiri sebelum mengambil tindakan apa pun terhadap bantuan keamanan luar negeri. [ka/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG