Tautan-tautan Akses

AS

Satu Lagi Calon Hakim Federal Pilihan Trump Mundur


Gedung Capitol building di Washington, 19 Januari 2017.

Seorang pengacara yang dicalonkan Presiden Donald Trump sebagai hakim federal telah mengundurkan diri beberapa hari setelah penampilan memalukan dalam sidang pengukuhan Senat.

"Saya tadinya berharap bahwa karir saya selamahampir dua dekadeakan lebih berbobot daripada dua menit terburuk saya di televisi," Matthew Petersen mengatakan dalam suratnya kepada presiden. "Sudah jelas bagi saya dalam beberapa hari ini bahwa pencalonan saya merupakan gangguan, dan itu tidak baik untuk Anda atau pemerintahan Anda."

Petersen adalah seorang pengacara dalam Komisi Pemilu Federal.

Ketika ditanyai oleh Komisi Kehakiman Senat, Petersen mengakui dia tidak pernah menangani kasus di ruang sidang mana pun, tergagap saat menjawab pertanyaan, dan tidak dapat menjelaskan beberapa istilah hukum yang paling mendasar.

"Hanya karena Anda pernah menonton film ‘My Cousin Vinnie’ ('Saudara sepupusaya ,Vinnie),tidak cukup memenuhi syarat untuk menjadi hakim federal," kata senator dari Partai Republik, John Kennedy, kepada stasiun televisi di Louisiana. Dia mengacu pada film komedi 1992 tentang seorang pengacara yang praktis tidak memiliki pengalaman di pengadilan.

Petersen adalah calon ketiga Presiden Trump untuk menjadi hakim federal dalam seminggu ini yang tidak disetujui komisi kehakiman.

Brett Talley ditolak karena memberikan komentar positif tentang Ku Klux Klan yang diduga ditulisnya, dan tidak mengungkapkan bahwa istrinya bekerja di Gedung Putih.

CNN melaporkan bahwa calon lain, Jeff Mateer, pernah berpidato di mana dia menyebut anak-anak transgender sebagai bagian dari "rencana Setan." [sp/ii]

XS
SM
MD
LG