Tautan-tautan Akses

AS

Satgas COVID-19 AS: Lebih Banyak Vaksin Bukan Jawaban Lonjakan Pandemi di Michigan


Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), Dr. Rochelle Walensky

Tim Tanggapan COVID-19 Gedung Putih hari Senin (12/4) mengatakan lebih banyak vaksin bukan jawaban terhadap lonjakan kasus baru virus corona di negara bagian Michigan.

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah Gubernur Michigan Gretchen Whitmer bicara di program “Face the Nation” dan menyerukan kepada Gedung Putih untuk mengubah rencana distribusi vaksin ke negara-negara bagian – yang saat ini didasarkan pada jumlah penduduk yang ada – guna membantu negara-negara bagian memperlambat perebakan virus mematikan itu.

Michigan saat ini memiliki tingkat perebakan COVID-19 tertinggi di Amerika dan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit hampir melumpuhkan sistem layanan kesehatan mereka.

Tetapi, berbicara dalam konperensi pers singkat secara virtual di Gedung Putih Selasa lalu (6/4), Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) Rochelle Walensky mengatakan dibutuhkan waktu antara 2-6 minggu untuk melihat dampak vaksin.

Walensky mengatakan cara terbaik untuk mengatasi situasi di Michigan adalah “menghentikan seluruh kegiatan,” cara yang dilakukan Amerika ketika pandemi pertama kali merebak setahun lalu.

Gretchen Whitmer, yang seorang Demokrat, sejauh ini telah menyerukan penangguhan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka untuk siswa SMA, juga untuk kegiatan olahraga remaja dan makan di dalam restoran atau indoor dining. Tetapi ia belum benar-benar mewujudkan pembatasan baru apapun. Tahun lalu ia dikritik tajam oleh anggota-anggota Partai Republik di dewan legislatif negara bagian itu karena langkah-langkah yang diambilnya.

Sejauh ini Michigan masih menerapkan kewajiban mengenakan masker dan pembatasan jumlah orang dalam kegiatan atau pertemuan di luar ruangan, namun Whitmer tidak mengesampingkan kemungkinan pembatasan lebih jauh.

Penasehat Senior Gedung Putih Untuk Penanganan COVID-19 Andy Slavitt mengatakan pemerintah telah mengirim lebih banyak personil Badan Manajemen Darurat Federal FEMA ke Michigan untuk mempercepat proses vaksinasi. Pihaknya juga mengirim lebih banyak diagnosa hasil uji medis COVID-19 dan membuka lebih banyak fasilitas pengujian.

Pemerintah juga bersiap mengirim lebih banyak perawatan teraputik akibat COVID-19. [em/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG