Tautan-tautan Akses

Sanksi atas Iran Dimulai, Harga Minyak Turun


Seorang anak laki-laki berjalan melintasi sebuah pompa angguk minyak saat matahari terbenam di lapangan minyak Sakhir, Bahrain, 18 Januari 2016.
Seorang anak laki-laki berjalan melintasi sebuah pompa angguk minyak saat matahari terbenam di lapangan minyak Sakhir, Bahrain, 18 Januari 2016.

Harga minyak melemah, Senin (5/11), tertekan langkah AS untuk memberikan pengecualian pada beberapa pembeli untuk tetap boleh mengimpor minyak mentah Iran, meski sanksi mulai diberlakukan.

Sementara itu, Teheran mengatakan akan menentang sanksi Washington dan terus menjual minyak mentah, Reuters melaporkan.

Harga minyak acuan jenis Brent turun sebanyak 30 sen menjadi $72,53 per barel. Harga minyak Amerika juga turun sebanyak 30 sen menjadi $62,84 per barel.

Kedua harga acuan minyak sudah tergerus lebih dari 15 persen sejak menyentuh harga tertinggi dalam empat tahun pada awal Oktober, karena perusahaan hedge funds memangkas prakiraan bullish pada harga minyak menjadi terendah dalam satu tahun.

Washington menerapkan kembali sanksi terhadap Iran sejak hari ini, Senin (5/11). Sanksi tersebut sempat dicabut setelah AS, dibawah pemerintahan Presiden Barack Obama, menyetujui perjanjian nuklir pada 2015. Sanksi baru juga menambah sekitar 300 target baru, termasuk industri perminyakan Iran, asuransi, dan perbankan.

Sebagai balasan, Presiden Iran Hassan Rouhani dalam pidato yang disiarkan TV pemerintah, mengatakan Iran tidak akan mengikuti sanksi dan terus menjual minyak.

Washington juga memberikan pengecualian. Jumat (2/11), AS mengatakan akan sementara waktu mengizinkan delapan importir untuk membeli minyak mentah Iran.

“Dampak dari sanksi-sanksi tersebut akan diperlunakan sebagai akibat dari pengecualian itu,” kata Surfeit Vijayakar, direktur energi dari perusahaan konsultan, Trisect, seperti dikutip oleh Reuters.

Washington sejauh ini tidak mengungkap delapan importir minyak Iran. Tapi, China, India, Korea Selatan, Turki, Italia, Uni Emirat Arab, dan Jepang sudah lama menjadi pengimpor terbesar minyak Iran. Taiwan hanya sesekali membeli minyak dari Iran. [ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG