Tautan-tautan Akses

Salman Rushdie Dirawat, Tersangka Mengaku Tak Bersalah


Hadi Matar, 24, tengah, tiba di Gedung Pengadilan Kabupaten Chautauqua di Mayville, NY, Sabtu, 13 Agustus 2022. (Foto: AP)
Hadi Matar, 24, tengah, tiba di Gedung Pengadilan Kabupaten Chautauqua di Mayville, NY, Sabtu, 13 Agustus 2022. (Foto: AP)

Penulis ternama Salman Rushdie masih dirawat di rumah sakit pada Sabtu (13/8) dengan luka-luka serius, sehari setelah ia dilaporkan ditikam ketika hendak memberikan kuliah umum di negara bagian New York. Sementara polisi berusaha mencari tahu motif di balik serangan yang mengundang kecaman internasional itu.

Hadi Matar, 24, dari Fairview, negara bagian New Jersey, disidang pada Jumat malam (12/8). Ia didakwa melakukan percobaan pembunuhan tingkat dua dan penyerangan tingkat dua, kata jaksa distrik county itu, Jason Schmidt, dalam pernyataan. Matar mengklaim tidak bersalah dalam sidang pada Sabtu (13/8), kata pengacara yang ditunjuk pengadilan, Nathaniel Barone kepada Reuters.

Rushdie, 75, hendak memberikan kuliah mengenai kebebasan artistik di Institusi Chautauqua di New York barat saat Matar naik ke panggung dan menikam penulis kelahiran India itu, kata polisi.

Setelah menjalani operasi berjam-jam, Rushdie dipasangi ventilator dan belum bisa bicara pada Jumat malam (12/8), menurut agennya Andrew Wylie. Novelis itu kemungkinan akan kehilangan sebelah matanya, mengalami kerusakan saraf di bagian lengan dan luka-luka di bagian hati, kata Wylie lewat email.

Penikaman itu dikecam oleh para penulis dan politisi di seluruh dunia, yang menyebutnya sebagai serangan terhadap kebebasan berekspresi.

Rushdie adalah penulis buku “The Satanic Verses” (“Ayat-ayat Setan”) yang dikecam oleh dunia Muslim dan dilarang di banyak negara dengan mayoritas penduduk Muslim, karena dianggap menghina Nabi Muhammad.

Buku itu dilarang di Iran sejak 1988 dan pada tahun 1989 mantan pemimpin Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa memerintahkan Rushdie dibunuh. Iran juga menawarkan imbalan senilai 3 juta dolar bagi siapapun yang membunuh Rushdie. [vm/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG