Tautan-tautan Akses

Salju Longsor di Afghanistan, Sedikitnya 14 Tewas


Sedikitnya 14 orang tewas akibat salju longsor di provinsi Badakhshan, Afghanistan Timur Laut, Kamis, 4 Maret 2021.
Sedikitnya 14 orang tewas akibat salju longsor di provinsi Badakhshan, Afghanistan Timur Laut, Kamis, 4 Maret 2021.

Salju longsor di provinsi Badakhshan, Afghanistan Timur Laut, menewaskan sedikitnya 14 orang dan mencederai banyak lainnya hari Kamis (4/3).

Daerah di distrik Raghistan itu dikuasai Taliban, sehingga menghambat upaya-upaya penyelamatan. Nek Mohammad, juru bicara pemerintah provinsi, mengatakan beberapa orang dinyatakan hilang sejak salju longsor menimpa desa Zarandab.

Ia mengatakan komunikasi terputus dan sementara ini pemerintah belum mengetahui pasti apakah mereka yang tewas adalah warga desa atau orang-orang yang berusaha menggali emas dari tambang-tambang lokal.

Ketua dewan provinsi, Dr. Basher Samem, mengatakan, sekarang ini baru tersedia informasi awal dan jumlah korban mungkin meningkat. Ia juga mengatakan sejumlah orang masih terkubur di bawah timbunan salju.

Puluhan orang tewas di Badakhshan pada 2019 sewaktu sebuah tambang runtuh. Banyak tambang di Afghanistan yang kurang terawat.Penambangan liar masih menjadi hal umum di Afghanistan, di mana konflik dan tingkat pengangguran yang tinggi memaksa orang-orang untuk mencari cara apapun untuk mendapatkan uang. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG