Tautan-tautan Akses

Saham Facebook Ditutup dengan Nilai 38 Dolar


Saham Facebook menunjukkan angka 38,23 dolar saat bel menandai penutupan penjualan lantai bursa NASDAQ di New York, Jum'at (18/5).
Saham Facebook menunjukkan angka 38,23 dolar saat bel menandai penutupan penjualan lantai bursa NASDAQ di New York, Jum'at (18/5).

Facebook, situs media sosial terbesar dunia memulai penjualan saham kepada publik hari Jumat dengan harga jual awal 38 dolar.

Bertentangan dengan harapan sebagian investor, harga saham tidak meningkat tajam pada hari pertama perdagangan. Setelah meningkat lebih dari 10 persen dalam beberapa menit pertama perdagangan, saham Facebook ditutup pada 38 dolar 23 sen per saham.

Meskipun dimulai kurang memuaskan, para analis mengatakan jumlah perdagangan tinggi. Saham Facebook diperdagangkan dengan simbol “FB”.

Pimpinan Facebook, Mark Zuckerberg memulai perdagangan di bursa Nasdaq di New York dengan membunyikan bel jarak jauh dari kantor pusat perusahaan itu di California.

Situs jejaring sosial populer dengan 900 juta pengguna di seluruh dunia itu meraup lebih dari 16 milyar dolar dari penjualan saham. Itu menjadi perdagangan saham pertama yang paling besar dalam sejarah perusahaan Amerika dan hanya disaingi oleh perusahaan jasa keuangan Visa serta pembuat mobil General Motors. Penjualan saham tersebut menjadikan nilai Facebook 104 milyar dolar yang menjadi salah satu perusahaan Amerika yang paling sukses.

Zuckerberg yang berusia 28 tahun awal minggu ini, memulai situs jejaring sosial terkenal itu hanya delapan tahun lalu dari asramanya di Harvard. Walaupun para investor membeli saham dan ikut memiliki Facebook tapi Zuckerberg masih akan tetap menguasai 55 persen lebih saham suara Facebook.

Sebagian analis menyarankan klien mereka untuk menunggu dan melihat apakah perusahaan itu masih akan terus tumbuh dan berapa banyak iklan yang mereka dapatkan sebelum membeli saham.

Pendapatan iklan Facebook menurun dalam beberapa bulan ini dan keraguan mengenai nasibnya dalam jangka panjang meningkat awal minggu ini ketika General Motors mengumumkan menarik iklannya dari situs itu.

Facebook belum merancang strategi untuk menarik iklan dari peralatan seperti telepon pintar atau komputer tablet.

Recommended

XS
SM
MD
LG