Tautan-tautan Akses

Rusia Usir Wartawan BBC


Bendera nasional Rusia terlihat di atas Istana Grand Kremlin di Moskow. (Foto: AP)

Seorang jurnalis BBC, Sabtu (14/8), mengatakan bahwa Rusia mengusirnya. Moskow memberitahunya bahwa ia tidak akan bisa kembali dengan perlakuan "yang menghancurkan.”

Langkah tidak biasa yang dilakukan pada saat hubungan bilateral antara Rusia dan Inggris sudah buruk, Moskow mengatakan Sarah Rainsford - satu dari dua koresponden BBC di Moskow - diusir setelah London menolak memberi visa kepada wartawan Rusia.

Dalam wawancara dengan BBC, Rainsford mengatakan dia terkejut atas keputusan itu, dan menilainya sebagai bagian dari permainan diplomatik yang lebih luas pada saat hubungan Rusia dengan Barat memburuk.

Menurut Rainsford, langkah untuk tidak memperbarui visanya tinggal di Rusia yang akan habis akhir bulan ini, tampak seperti langkah teknis. Tetapi, ia menegaskan, itu bukan masalah teknis.

Rainsford, yang menjalani tugas kedua di Moskow, mengatakan dia telah tinggal hampir sepertiga dari hidupnya di Rusia dan telah mendedikasikan bertahun-tahun untuk mempelajarinya.

BBC mendesak Moskow agar mempertimbangkan keputusan itu dan menyebut kasus itu sebagai serangan terhadap kebebasan media. [ah/ka]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG