Tautan-tautan Akses

Rusia Tolak Kunjungan Konsuler bagi Jurnalis AS yang Ditahan


Jurnalis AS Evan Gershkovich saat hadir dalam sidang di pengadilan Moskow, Rusia 18 April 2023 (foto: dok).
Jurnalis AS Evan Gershkovich saat hadir dalam sidang di pengadilan Moskow, Rusia 18 April 2023 (foto: dok).

Rusia mengatakan pada Kamis (27/4) pihaknya menolak kunjungan konsuler bagi jurnalis AS Evan Gershkovich yang ditahan sebagai pembalasan terhadap penolakan AS untuk menerbitkan visa bagi sejumlah jurnalis Rusia.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pekan lalu mengeluhkan AS yang telah menolak visa jurnalis-jurnalis Rusia yang akan bepergian dengannya ke markas PBB di New York.

Sebagai tanggapan, kementerian luar negeri Rusia pada Kamis mengatakan, “Kedutaan Besar AS telah diberitahu bahwa permohonannya untuk melakukan kunjungan konsuler pada 11 Mei mendatang… bagi warga negara AS Gershkovich, yang ditahan atas tuduhan spionase, telah ditolak.”

Moskow memperingatkan bahwa “kemungkinan langkah pembalasan lain sedang disusun.”

Gerskovich, reporter Wall Street Journal, ditangkap bulan lalu ketika liputan. Rusia berpendapat, dirinya tertangkap basah sedang memata-matai sebuah instalasi militer Rusia.

Duta Besar AS untuk Rusia Lynne Tracy mengunjungi Gershkovich di sebuah penjara di Moskow dan menyaksikannya hadir di pengadilan. Namun Rusia menahannya sementara menunggu persidangan, menolak protes AS bahwa ia ditahan secara tidak sah. [rd/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG