Tautan-tautan Akses

Rusia Klaim Jet Tempurnya Cegat Pesawat Pembom AS di Perbatasan


Pesawat pembom strategis milik Angkatan Udara AS, B-52 salam latihan terbang militer di sekitar 60 kilometer utara Vilnius, Lithuania, 16 Juni 2016. (Foto: dok).

Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (6/6) mengatakan bahwa salah satu jet tempurnya mencegat sebuah pesawat pembom strategis Amerika yang terbang di dekat perbatasan wilayah udara Rusia.

Kementerian pertahanan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka harus mengirim Su-27 ke daerah tersebut di atas Laut Baltik, Selasa pagi (6/6) setelah radar-radar Rusia mengidentifikasi sebuah pesawat terbang yang terbang di sepanjang perbatasan. Kementerian itu mengatakan jet Rusia mengidentifikasinya sebagai pembom strategis AS, B-52 dan mengawalnya sampai terbang menjauh dari perbatasan.

Kementerian pertahanan tidak memberikan rincian di mana tepatnya pencegatan itu terjadi.

Insiden serupa pernah terjadi di dekat wilayah udara Rusia pada masa lalu. Pada bulan September, sebuah jet tempur Rusia terbang dalam jarak 10 kaki (tiga meter) dari sebuah pesawat pengintai Angkatan Laut AS, yang oleh para pejabat Amerika dikatakan sebagai “pencegatan yang berbahaya” di atas Laut Hitam. Dalam insiden dramatis lainnya tahun lalu, jet-jet Rusia terbang di atas kapal USS Donald Cook di Laut Baltik, berada dalam jarak 30 kaki atau kurang dari 10 meter dari kapal perang itu.

Kapten Joe Alonso, juru bicara Komando Amerika di Eropa yang berpusat di Stuttgart, Jerman, mengatakan bahwa dia tidak dapat mengukuhkan laporan tersebut, tetapi militer mengetahui dan mengecek hal itu. [lt]

XS
SM
MD
LG