Tautan-tautan Akses

Rusia Kembalikan 3 Kapal Angkatan Laut Ukraina


Sebuah kapal Ukraina yang disita (kanan), ditarik oleh kapal penjaga pantai Rusia keluar dari pelabuhan di Kerch, Crimea, Minggu, 17 November 2019. (Krym 24 tv station via AP Television)

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan tiga kapal angkatan laut Ukraina yang ditangkap dalam konfrontasi penembakan hampir setahun yang lalu telah dikembalikan.

Dua kapal perang dan satu kapal tunda itu disita oleh penjaga pantai Rusia pada 25 November 2018 ketika melewati Selat Kerch yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Azov dalam perjalanan ke pangkalan ketiga kapal itu di pelabuhan Mariupol.

Selat Kerch membentang antara daratan Rusia dan Krimea yang dicaplok Rusia. Rusia mengklaim kapal-kapal Ukraina itu melanggar prosedur transit di selat tersebut.

Penjaga pantai Rusia melepaskan tembakan dan menahan pelaut Ukraina. Para pelaut ditahan selama 10 bulan dan dipulangkan pada bulan September lalu sebagai bagian dari pertukaran tahanan.

Sebuah pernyataan kementerian Rusia mengatakan penyerahan kapal itu dilakukan Senin tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. [lt/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG