Tautan-tautan Akses

Rusia Hukum 13 Tahun Penjara Lelaki Yang Dituduh Jadi Spion AS


Lubyanka, Markas Besar Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), di Moskow, 12 Juli 2007. (AFP PHOTO / MAXIM MARMUR)
Lubyanka, Markas Besar Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), di Moskow, 12 Juli 2007. (AFP PHOTO / MAXIM MARMUR)

Sebuah pengadilan Rusia menjatuhkan hukuman 13 tahun penjara terhadap seorang lelaki yang divonis bersalah menjadi mata-mata bagi AS. Hal itu disampaikan Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) dalam suatu pernyataan hari Jumat.

Pada 17 November lalu, pengadilan regional Bryansk menyatakan Yuriy Yeshchenko bersalah melakukan “pengkhianatan tingkat tinggi,” sebut pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa terdakwa akan menjalani hukuman penjara “dalam kondisi yang berat” di fasilitas yang dijaga sangat ketat.

Menurut FSB, Yeshchenko telah berusaha menyerahkan rahasia militer kepada CIA mengenai Armada Utara Rusia dan menyatakan bersalah atas tuduhan spionase, dengan mengatakan ia menyesali apa yang telah ia lakukan.

Ia melakukan pemeliharaan sistem radioelektronik yang digunakan di kapal-kapal Armada Utara, sebut FSB, di mana ia menyalin berbagai dokumen dari tahun 2015 hingga 2017 dan melakukan kontak dengan CIA pada tahun 2019.

FSB menangkap Yeshchenko di kawasan Bryansk pada Juli 2019, sewaktu ia berusaha menyerahkan rahasia negara kepada CIA, sebut pernyataan badan mata-mata Rusia itu. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG