Tautan-tautan Akses

Rusia Blokir Situs Pemimpin Oposisi yang Dipenjara 


Grafiti Alexei Navalny, pemimpin oposisi Rusia, tampak di Saint Petersburg, 28 April 2021.

Pejabat Rusia telah memblokir akses situs web pemimpin oposisi yang dipenjara, Alexey Navalny, bersama puluhan situs web lain yang dijalankan oleh sekutunya.

Regulator internet Rusia, Roskomnadzor mengatakan telah memblokir navyny.com dan situs-situs lain atas permintaan Jaksa Agung.

Termasuk dalam situs yang diblokir itu, adalah situs web ahli strategi utama Navalny, Leonid Volkov, bersama situs web Yayasan Navalny untuk Memerangi Korupsi, dan situs Aliansi Dokter yang didukung Navalny.

Langkah itu dilakukan menjelang pemilihan parlemen September, yang dipandang sebagai bagian penting dari upaya Presiden Vladimir Putin untuk meningkatkan dukungannya sebelum pemilihan presiden 2024.

Bulan lalu, pengadilan Rusia memutuskan bahwa organisasi-organisasi yang terkait dengan Navalny adalah "ekstremis," melarang mereka beroperasi dan orang-orang yang terkait dengan organisasi tersebut mencalonkan diri untuk jabatan publik.

Navalny adalah pengecam utama Putin, dan organisasinya sudah melakukan upaya untuk mengungkap korupsi di Rusia.

Navalny saat ini menjalani hukuman penjara 2 setengah tahun karena melanggar pembebasan bersyarat dari hukuman penggelapan 2014, yang dikatakan Navalny bermotif politik.

Navalny menuduh Kremlin mencoba meracuninya dengan racun saraf, tuduhan yang dibantah pemerintah Rusia.

Penangkapan dan pemenjaraannya awal tahun ini memicu gelombang protes di seluruh Rusia dan telah dikecam oleh negara-negara Barat. [my/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG