Tautan-tautan Akses

Rusia Berjanji akan Beri Tanggapan Serupa Jika UE Gunakan Asetnya yang Dibekukan


Seorang pria mengibarkan bendera nasional Rusia di pusat kota Moskow menjelang Hari Rusia pada 11 Juni 2023. (Foto: AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)
Seorang pria mengibarkan bendera nasional Rusia di pusat kota Moskow menjelang Hari Rusia pada 11 Juni 2023. (Foto: AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)

Rusia pada Kamis (21/12) berjanji akan memberi tanggapan yang sama jika Uni Eropa (UE) melanjutkan rencana untuk membatasi keuntungan yang dihasilkan dari aset-aset Rusia yang dibekukan di UE dan menyerahkannya ke Ukraina.

UE mengusulkan penggunaan pendapatan yang diperoleh dari sekitar $300 miliar dana yang dibekukan dari cadangan bank sentral Rusia – yang pada akhirnya dapat mengumpulkan sekitar $16 miliar.

“Kami juga memiliki cukup banyak aset yang dibekukan di sini, di rekening tipe C,” kata Menteri Keuangan Anton Siluanov dalam wawancara dengan saluran televisi Russia 24.

“Angkanya tidak sedikit, pendapatan dari penggunaan dana-dana tersebut cukup besar dan tentu saja dapat digunakan jika keputusan diambil oleh mitra-mitra kami yang memusuhi,” katanya.

Sanksi-sanksi Barat terkait invasi Moskow pada Februari 2022 terhadap Ukraina dan serangan balasan yang kemudian dilakukan Rusia telah menyebabkan aset bernilai miliaran dolar itu terbengkalai.

Para jaksa di Jerman pada hari Rabu mengatakan mereka akan bertindak untuk menyita lebih dari 720 juta euro ($790 juta) dari rekening bank sebuah lembaga keuangan Rusia di Frankfurt.

Seorang sumber yang mengetahui masalah itu mengatakan kepada Reuters bahwa institusi itu adalah National Settlement Depository (NSD), agen pembayaran domestik milik Bursa zdsjsm Moskow, yang berperan penting dalam sistem keuangan Rusia sebagai perantara utama dengan pasar internasional. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG