Tautan-tautan Akses

Rusia Bantah Serangan ISIS di Pangkalan Suriah


Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov (foto: dok).
Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov (foto: dok).

Seorang pejabat militer Rusia menyangkal klaim oleh kelompok ISIS yang mengaku menghancurkan empat helikopter dan peralatan Rusia lainnya di pangkalan Suriah.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan Selasa (24/5), helikopter tempur Rusia Mi-24 dikerahkan ke Suriah "melaksanakan misi mereka untuk menghancurkan teroris."

Konashenkov menolak klaim ISIS bahwa ISIS merusak 20 truk dan helikopter di pangkalan udara T-4 Diyas, dekat kota Palmyra dan menyebutnya "propaganda."

Tapi gambar satelit dari perusahaan intelijen global Stratfor yang berkantor di AS menunjukkan kerusakan luas di pangkalan udara yang digunakan oleh pasukan Rusia itu..

Konashenkov mengatakan, gambar-gambar satelit dari pangkalan itu menunjukkan helikopter-helikopter dan truk-truk yang rusak akibat konflik yang terjadi di wilayah yang sama antara pasukan pemerintah Suriah dan pemberontak.

Stratfor melaporkan bahwa "dampak kerusakan akibat peledak militer terlihat” dalam gambar satelit itu dan sebuah jet tempur MiG-25 Suriah tampak rusak.

Pada tanggal 11 Mei, Badan Pengamat HAM Suriah melaporkan penembakan mortir di pangkalan T4 setelah jihadis menguasai sebentar rute jalan antara Palmyra dan Homs. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG