Tautan-tautan Akses

Rusia Ambil Tindak Balasan Atas Sanksi Baru AS


Seorang polisi Rusia berdiri di depan pintu masuk Kedutaan Besar A.S. di latar belakang pusat kota Moskow, Rusia, pada tanggal 14 Mei 2013.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan hari Jumat pihaknya akan melakukan tindak balasan terhadap Amerika sebagai tanggapan atas sanksi baru yang disetujui oleh Kongres hari Kamis. Kementerian itu mengatakan sanksi itu mengukuhkan “agresi ekstrim Amerika dalam masalah internasional.”

“Kami mengusulkan kepada pihak Amerika,” kata kementerian itu, “untuk mengurangi jumlah staff diplomatic dan teknis yang bekerja di kedutaan Amerika di Moskow dan konsulat-konsulat jenderal sehingga sama dengan jumlah staff diplomat dan staff teknis Rusia di Amerika Serikat.” Rusia mengatakan pengurangan staff itu akan menjadikan jumlah staff dan diplomat Amerika di Rusia 455 orang.

Kongres Amerika menyetujui rancangan hari Kamis yang mengenakan sanksi baru bukan hanya terhadap Rusia, tetapi juga terhadap Iran dan Korea Utara.

Senat Amerika dengan jumlah suara yang sangat besar, 98 lawan 2, menyetujui rancangan itu, sehari setelah DPR dan Senat menyepakati isi rancangan tersebut.

DPR sudah menyetujui rancangan tersebut sebelumnya dengan suara 419 lawan 3.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG