Tautan-tautan Akses

Rusia Akui Seorang Atletnya Gunakan Obat Terlarang


Pelatih Rusia Alexander Krushelnitsky berlatih menjelang Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, 7 Februari 2018. (Foto: dok)
Pelatih Rusia Alexander Krushelnitsky berlatih menjelang Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, 7 Februari 2018. (Foto: dok)

Komite Olimpiade Rusia telah mengakui bahwa seorang atlet Rusia di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang telah dites positif menggunakan obat terlarang meldonium.

Setelah pengetesan kedua, delegasi Rusia mengatakan “kami mengutarakan penyesalan sungguh-sungguh atas fakta insiden itu.” Tetapi mereka mengatakan hasil pengetesan itu memberi indikasi bahwa atlet curler Rusia Alexander Krushelnitsky hanya menggunakan meldonium satu kali.

Delegasi Rusia itu mengemukakan bahwa obat itu tidak berguna kalau tujuan menggunakannya untuk meningkatkan prestasi.

Krushelnitsky memenangkan medali perunggu di PyeongChang bersama isterinya dalam ganda campuran.

Baca juga: Atlet Rusia Dicurigai Gunakan Doping di PyeongChang

Meldonium adalah obat yang dimaksudkan untuk orang yang mempunyai masalah jantung dan sebagian orang yakin obat itu dapat membantu atlet meningkatkan ketahanan nafas atau stamina. Obat itu dilarang dalam olahraga tahun 2016.

Bintang tenis Rusia Maria Sharapova diskors selama 15 bulan setelah dites positif menggunakan meldonium di turnamen Australia Terbuka tahun 2016. [gp]

XS
SM
MD
LG