Tautan-tautan Akses

Ruang Bawah Tanah Katedral Notre Dame Kembali Dibuka untuk Umum


Katedral Notre Dame di Paris, Perancis
Katedral Notre Dame di Paris, Perancis

Ruang arkeologi bawah tanah dari Katedral Notre Dame di Paris dibuka kembali untuk umum pada hari Rabu (9/9) dengan sebuah pameran yang didedikasikan untuk penulis Victor Hugo dan arsitek Eugene Viollet-Le-Duc.

Ruang bawah tanah itu tidak rusak ketika kebakaran besar terjadi, dan memusnahkan interior dalam Notre Dame dan merobohkan puncak menara yang terkenal itu pada April 2019.

Akan tetapi katedral yang terkenal itu diselimuti oleh tumpukan debu timbal beracun setelah kebakaran dan seluruh lokasi harus didekontaminasi, kata Sylvie Robin, kepala kurator ruang bawah tanah arkeologi, kepada Associated Press.

Pemasangan instalasi seni pada pameran itu ditunda akibat pandemi dan lock-down selama dua bulan di Prancis pada Maret dan April lalu.

Pameran tersebut didedikasikan untuk penulis novel terkenal Victor Hugo, yang menulis 'Notre-Dame de Paris' ('The Hunchback of Notre-Dame') dan diterbitkan tahun 1831 serta Eugene Viollet-Le-Duc yang memimpin restorasi katedral beberapa tahun kemudian, termasuk desain ulang dan pembangunan kembali puncak menara yang berasal dari abad pertengahan.

Pameran itu terbuka bagi umum hingga akhir tahun 2022. [mg/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG