Tautan-tautan Akses

Rombongan Pertama Pasukan AS Tiba di Polandia


Beberapa tentara AS tampak di bandara Rzeszow-Jasionka Polandia tenggara hari Sabtu (5/2).
Beberapa tentara AS tampak di bandara Rzeszow-Jasionka Polandia tenggara hari Sabtu (5/2).

Pasukan AS rombongan pertama telah tiba di Polandia pada Sabtu (5/2) untuk memperkuat sekutu-sekutu NATO di Eropa utara, kata Kementerian Pertahanan Polandia. Perkembangan itu terjadi di tengah keprihatinan bahwa Rusia mungkin akan menginvasi negara tetangganya, Ukraina.

"Seperti yang diumumkan, beberapa elemen pertama brigade tempur dari Divisi Udara ke-82 Militer AS telah tiba di Polandia," kata juru bicara militer Polandia.


Para tentara AS itu tiba di pangkalan militer Rzeszow di Polandia tenggara, dekat perbatasan dengan Ukraina, setelah Presiden AS Joe Biden pada Rabu (2/2) memerintahkan pengerahan 1.700 tentara kesana. Sekitar 4.000 serdadu AS telah ditempatkan di Polandia secara bergantian sejak 2017.

Biden juga memerintahkan penerjunan pasukan ke Romania dan Jerman, sehingga total tentara tambahan menjadi hampir 3.000.

Sumber-sumber Militer AS sebelumnya telah mengatakan bahwa sekitar 1.700 tentara AS, terutama dari Divisi Udara ke-82, akan dikerahkan dari Fort Bragg, North Carolina ke Polandia "dalam beberapa hari ke depan." [vm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG