Tautan-tautan Akses

Robot-Robot Sebagai Pembantu Rumah Tangga Pameran CES


ADAM, robot penyaji minuman tengah membuat teh boba di stan Richtech Robotics pada acara teknologi CES di Las Vegas, Jumat, 6 Januari 2023. (AP/John Locher)
ADAM, robot penyaji minuman tengah membuat teh boba di stan Richtech Robotics pada acara teknologi CES di Las Vegas, Jumat, 6 Januari 2023. (AP/John Locher)

Robot-robot pembantu di rumah, misalnya robot yang dapat membuat kopi, dan beberapa robot lain yang dapat menjadi teman kita di rumah, adalah dipamerkan di CES. Pameran produk elektronik terbesar di dunia ini diselenggarakan di Las Vegas, Nevada pada minggu pertama Januari tahun ini.

Robot-robot yang dipamerkan di CES pada tanggal 3-8 Januari 2023 semuanya menggunakan beberapa jenis sensor untuk memahami lingkungan dan membantu pemiliknya dengan lebih baik.

Contohnya adalah Neubie, robot pengiriman barang yang dibuat oleh perusahaan elektronik Korea Selatan, Neubility. Robot ini memiliki kompartemen penyimpanan yang besar dan dilengkapi dengan empat roda untuk mencapai tujuannya.

Minji Kim dari Neubility menjelaskan, “Ini adalah robot pengiriman kami bernama Neubie yang dapat mengemudi sendiri (swakemudi). Kami tidak menggunakan LIDAR (pencitraan laser, deteksi, dan jangkauan) yang mahal, tapi sebaliknya kami menggunakan kamera dan sensor. Jadi sangat hemat biaya.”

Robot pengiriman barang itu beratnya 45 kilogram, dan dapat membawa hingga 25 kilogram barang dengan kecepatan hingga 7,2 kilometer per jam. Neubility hanyalah salah satu dari banyak perusahaan robotika yang memamerkan inovasi terbaru di CES, yang sebelumnya dikenal sebagai Consumer Electronics Show, pameran produk elektronik.

Perusahaan rintisan Korea Selatan lainnya yang berpameran di Las Vegas, Nevada, adalah Supernova. Lengan robot bernama Huenit itu dapat menuangkan kopi dengan modul barunya. Huenit juga dapat mengaduk kopi di ceret, memegang gelas, mencengkeram benda atau membawanya, berkat modul hisap yang melengkainya.

Haeun Kim dari Huenit Barista mengatakan, “Huenit Barista adalah mesin dengan lengan penghidang kopi premium. Jadi, semuanya otomatis. Jadi, orang hanya perlu memasukkan biji kopi dan membuang residunya. Itu saja. Semuanya otomatis.”

Raksasa teknologi Amazon juga memamerkan robot rumah tangganya bernama Astro, yang dijual seharga $999 di Amerika.

Pameran Elektronika CES Tampilkan Robot-Robot Pembantu Rumah Tangga
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:43 0:00

Faiz Mandviwalla dari Amazon menerangkan, “Setelah Anda memutuskan bahwa Anda dapat menggunakan Astro untuk berpatroli di rumah Anda saat Anda sedang bepergian, yang akan dilakukan robot ini adalah mencari gangguan atau aktivitas yang tidak biasa. Jadi, jika terdengar kaca pecah atau alarm berbunyi, atau ada seseorang yang tidak dikenali, maka robot ini akan memberi tahu Anda melalui aplikasi dan akan mengirimkan video tentang apa yang terjadi.”

Astro juga dapat digunakan untuk mengecek keberadaan kerabat berusia lanjut yang mungkin memerlukan bantuan. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG