Tautan-tautan Akses

Ritual Tari Sufi Mistis Kembali ke Mosul


Penganut Sufi Irak mengikuti upacara ritual di Kota Akra, utara Baghdad, 1 Januari 2015.
Penganut Sufi Irak mengikuti upacara ritual di Kota Akra, utara Baghdad, 1 Januari 2015.

Tambur-tambur dipukul keras, sementara lingkaran laki-laki dengan rambut sebatas bahu memutar kepala mereka dalam keadaan tak sadar diri.

Di tengah lingkaran, laki-laki lainnya menusuk kepala mereka dengan pisau dan menusukkan besi ke mulut mereka sementara ratusan orang lainnya meneriakkan, "Muhammad sang juru selamat akan membersihkan noda hati dan menunjukkan jalan yang lurus."

Mereka adalah penganut Islam Sufi yang merayakan kembalinya mereka ke Kota Mosul di Irak setelah ISIS tersingkir. Mereka melakukan ritual di Ali Kasnazani Takya - sebuah tempat baru untuk mengadakan upacara Sufi - setelah sebagian besar tempat ibadah mereka hancur akibat serangan brutal selama enam bulan untuk mengusir ISIS dari Mosul.

Aliran Sufi adalah aliran mistis Islam dikenal dengan pencarian Tuhan dan menolak materialisme. Kelompok ini terbagi menjadi berbagai tarekat dan memiliki pengikut di seluruh dunia.

Di Irak, pengikut Kasnazani percaya bahwa pemimpin dan pendiri tarekat mereka, Shaikh Muhammad Abdul Kareem al-Kasnazani al-Qadiri al-Hussaini punya hubungan spiritual dengan Nabi Muhammad.[my/jm]

XS
SM
MD
LG