Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Ceko Demo Mendesak PM Babis Mengundurkan Diri


Ribuan pedemo dalam unjuk rasa menentang Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, di Lapangan Veceslas di Praha, 10 Desember 2019. (Foto: Michal Cizek/AFP)

Ribuan orang turun ke jalan di Ibu Kota Ceko, Selasa (17/12), untuk mendesak Perdana Menteri Andrej Babis agar mengundurkan diri. Demo kemarin adalahgelombang baru protes terhadap miliarder yang populis itu.

Unjuk rasa ini datang seminggu setelah sebuah reli protes lainnya di Praha dan demonstrasi di kota-kota di seluruh negara pada Senin (16/12).

Sambil mengibarkan bendera Ceko dan Uni Eropa, para pedemo meneriakkan slogan “Kami sudah cukup” atau “Undur diri.”

Protes terbaru ini menyusul dua reli besar sebelumnya tahun ini ketika seperempat juga orang menuntut Babis turun dari jabatannya, yang merupakan demonstrasi terbesar sejak Revolusi Beludru yang antikomunis pada 1989.

Demo itu dipicu oleh langkah penuntut utama negara itu yang membatalkan tuduhan terhadap Babis seputar tuduhan penipuan yang melibatkan subsidi Uni Eropa.

Dalam kasus serupa, sebuah laporan Uni Eropa yang dibocorkan, menyimpulkan Babis kemungkinan punya konflik kepentingan sehubungan subsidi Uni Eropa yang melibatkan konglomerat bisnisnya.

Pedemo memberi Babis tenggat waktu hingga 31 Desember untuk menjual konglomerat bisnis dan medianya, atau mengundurkan diri. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG