Tautan-tautan Akses

Ribuan Penerbangan Dibatalkan Setelah Pakistan Tutup Wilayah Udaranya


Para penumpang berdiri di luar bandara, setelah pihak berwenang menutup wilayah udaranya bagi penerbangan sipil di tengah ketegangan di sepanjang perbatasan dengan Pakistan di Jammu, India, 27 Februari 2019.

Ketegangan antara India dan Pakistan terus berlanjut, Kamis (28/2).

Pasukan Pakistan dan pasukan India terlibat dalam aksi saling tembak di wilayah perbatasan yang disengketakan di Kashmir, Kamis (28/2). Belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa.

Pakistan menutup wilayah udaranya bagi penerbangan sipil, Rabu (27/2), setelah mengatakan militernya menembak jatuh dua pesawat tempur India yang terbang di atas kawasan perbatasan yang secara de facto memisahkan Kashmir yang dikuasai India dan Kashmir yang dikontrol Pakistan. New Delhi juga mengatakan telah menembak jatuh sebuah jet tempur Pakistan, klaim yang dibantah Pakistan.

Keputusan Islamabad untuk menutup wilayah udaranya memaksa Thai Airlines membatalkan semua penerbangan dari dan ke Bangkok dari sebagian besar kota besar di Eropa, sehingga memaksa hampir 5.000 penumpang mencari penerbangan alternatif. Thai Airlines belakangan menerima izin dari China untuk melintasi wilayah udaranya.

Beberapa perusahaan penerbangan lain, termasuk Singapore Airlines dan British Airways, terpaksa mengalihkan beberapa penerbangan mereka untuk menghindari wilayah udara Pakistan.

Pakistan dan India semakin mendekati ambang perang sejak 40 tentara paramiliter India tewas akibat serangan bunuh diri di kota Pulwama di kawasan Kashmir yang dikuasai India. New Delhi menuduh Pakistan melindungi kelompok militan Jaish e Mohammad, yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bunuh diri itu. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG