Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Gelar Protes Damai Perubahan Iklim di Paris


Para pengunjuk raa memegang spanduk bertuliskan "Ubah Sistem, bukan iklim, lindungi planet kita" dalam unjuk rasa untuk perubahan iklim di Marseille, selatan Perancis, 16 Maret 2019.

Ketika sebagian demonstran rompi kuning pada Sabtu (16/3) rusuh di sepanjang jalan terkenal di Paris, di tempat lainnya di ibu kota Perancis pemandangan yang berbeda menunjukkan puluhan ribu orang berunjuk rasa secara damai untuk mendesak tindakan pemerintah terhadap pemanasan global.

Keluarga, bintang film, aktivis dan politisi termasuk di antara 30.000 orang yang berdemonstrasi dari Opera Garnier yang terkenal di kota ini menuju Republic Plaza.

Demonstrasi itu termasuk diantara puluhan demonstrasi iklim di sekitar Perancis sehari setelah demonstrasi iklim pelajar berlangsung di ratusan kota di 100 lebih negara .

Sambil menyanyikan lagu dan berpegangan tangan, para demonstran iklim Perancis sangat kontras dengan kekerasan di jalan Champs-Elysees, dimana demonstran dan pengacau rompi kuning membakar, mengobrak-abrik butik mewah dan bentrok dengan polisi anti huru hara Perancis yang menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan mereka.

Presiden Perancis Emmanuel Macron menyampaikan himbauan simpatik minggu ini untuk meningkatkan perjuangan dunia dalam mengatasi perubahan iklim. [my]

XS
SM
MD
LG