Tautan-tautan Akses

Ribuan Berdemonstrasi di India, Protes Harga Pangan


Para demonstran melakukan pawai protes menentang kenaikan tajam harga pangan .

Puluhan ribuan orang di India melakukan pawai protes menentang kenaikan tajam harga pangan dalam sebuah demonstrasi yang digalang partai oposisi utama negara itu.

Partai oposisi Bharatiya Janata atau BJP mengangkut para pengunjuk rasa dengan bis ke ibu kota, New Delhi, pada hari Rabu untuk menentang kebijakan ekonomi pemerintah itu. Pawai itu mengacaukan lalu lintas, sementara para demonstran bergerak ke arah pusat kota.

Tingginya inflasi telah menyulut kemarahan publik sementara harga pangan melonjak lebih dari 18 persen. Harga bahan bakar dan kebutuhan rumah tangga lainnya juga meningkat.

Para anggota parlemen dari BJP melakukan aksi keluar dari parlemen dan bergabung dengan demonstrasi itu. Mereka menuduh Partai Kongres yang berkuasa tidak berbuat cukup untuk mengatasi inflasi.

Protes itu dilakukan sehari setelah bank sentral India mengumumkan kenaikan suku bunga acuan dalam upaya mengekang inflasi tanpa merongrong pemulihan ekonomi negara itu.

Menurut pernyataan bank itu, kenaikan suku bunga sebesar 0,25 persen akan membantu mengendalikan laju inflasi yang meningkat sejak tahun lalu.

Menteri Keuangan India Pranab Mukerjhee mendukung keputusan bank sentral tersebut.

XS
SM
MD
LG