Tautan-tautan Akses

Rencana Latihan Militer Korsel Undang Amarah Korut


Korea Selatan berencana mengadakan latihan angkatan laut selama lima hari di Laut Kuning, termasuk dekat perbatasan yang disengketakan dengan Utara.

Militer Korea Utara hari ini mengancam akan membalas Korea Selatan, bila Selatan jadi melangsungkan latihan angkatan laut pekan ini di dekat perbatasan laut yang disengketakan.

Kantor berita Korea Utara mengatakan militer akan menindaki latihan tembakan angkatan laut dengan pembalasan fisik yang kuat. Korea Selatan berencana mengadakan latihan angkatan laut selama lima hari di Laut Kuning, termasuk dekat perbatasan yang disengketakan dengan Utara. Menurut rencana, latihan akan berlangsung mulai hari Kamis, sebagai tanggapan atas tenggelamnya sebuah kapal angkatan laut Cheonen milik Korea Selatan. Selatan menuduh Utara bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal tersebut.

Pyongyang membantah keterlibatannya dalam penenggelaman Cheonan berbobot 1.200 ton itu, yang menewaskan 46 tentara laut Korea Selatan. Korea Selatan dan Amerika Serikat melancarkan latihan angkatan laut besar-besaran pekan lalu di Laut Jepang yang bertujuan untuk menangkal agresi dari Utara.

XS
SM
MD
LG