Tautan-tautan Akses

Remaja Palestina Diadili karena Pukul Tentara Israel


Ahed Tamimi (rambut pirang), remaja putri dari desa Nebi Saleh Tepi Barat, saat dibawa ke pengadilan dekat Yerusalem, 28 Desember 2017. (Foto: dok).

Seorang remaja putri Palestina diajukan ke pengadilan, Selasa (13/2) di sebuah mahkamah militer Israel karena menampar dan memukuli dua tentara Israel.

Rekaman video mengenai pertengkaran pada bulan Desember itu menunjukkan Ahed Tamimi, yang berusia 17 tahun, menghadapi tentara di luar rumah keluarganya di Tepi Barat, menendang kaki dan menampar wajah seorang tentara, sebelum ia menyerang wajah seorang tentara lainnya.

Tentara-tentara Israel dikerahkan ke kawasan tersebut sewaktu berlangsung protes warga Palestina menentang permukiman Israel.

Beberapa hari kemudian, pihak berwenang menangkap Tamimi. Ia kemudian ditahan sambil menunggu diadili atas tuduhan yang mencakup penyerangan dan penghasutan.

Baca juga: Mahkamah Militer Israel Perpanjang Penahanan Remaja Palestina

Tamimi telah menjadi simbol terbaru perjuangan yang telah berlangsung lama antara warga Palestina dan Israel untuk merebut opini publik global. Kasusnya menyoroti isu mengenai apa yang dianggap sebagai perlawanan sah terhadap pemerintahan Israel atas jutaan warga Palestina sejak direbutnya Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur pada tahun 1967. [uh]

XS
SM
MD
LG