Tautan-tautan Akses

Remaja Pakistan Jadi Pendaki Termuda yang Capai Puncak K2


Shehroze Kashif (Facebook/TheBroadBoy)

Shehroze Kashif, lelaki Pakistan berusia 19 tahun, menjadi pendaki termuda yang mencapai puncak K2, gunung tertinggi kedua di dunia, kata Alpine Club of Pakistan, Selasa (27/7). Ia tiba di puncak gunung setinggi 8.611 meter itu pada pukul 8.10 pagi hari Selasa.

Kashif, yang mulai mendaki pada masa awal remajanya, mendaki puncak tertinggi ke-12 dunia, Broad Peak yang berketinggian 8.047 meter, pada usia 17. Pada Mei lalu, ia menjadi orang Pakistan termuda yang mendaki Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia.

Shehroze Kashif (Facebook/TheBroadBoy)
Shehroze Kashif (Facebook/TheBroadBoy)

Beberapa pendaki termuda Pakistan telah mencapai K2 dalam beberapa hari ini. Sajid Ali Sadpara, yang pada tahun 2019 menjadi pendaki termuda K2 pada usia 20, menjadi anggota ekspedisi di sana untuk mencari jasad ayahnya, yang hilang bersama dua pendaki lainnya pada bulan Februari.

Hari Senin (26/7), para sherpa yang memasang tali bagi para pendaki sekitar 300 meter di bawah rintangan yang dikenal sebagai Bottleneck, menemukan mayat Muhammad Ali Sadpara, warga Pakistan, warga Islandia John Snorri dan warga Chili Juan Pablo Mohr. Pada hari yang sama, Samina Baig (30), mengatakan, ia meninggalkan upayanya mencapai puncak gunung karena kondisi yang berbahaya. Baig adalah perempuan termuda Pakistan yang mendaki Everest pada tahun 2013.

Pada Minggu malam, mayat pendaki Skotlandia Rick Allen (68), ditemukan setelah ia tersapu salju longsor sewaktu berusaha melalui jalur baru di sisi tenggara K2. Sebelumnya bulan ini, Kim Hong-bin (57), seorang atlet Paralimpiade Korea Selatan, hilang setelah jatuh dari Broad Peak di dekatnya. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG