Tautan-tautan Akses

Ratusan Migran Haiti Pergi ke Meksiko Setelah AS Melakukan Pengusiran Besar-besaran


Para migran, yang kebanyakan berasal dari Haiti, menyeberangi sungai Rio Grande di Del Rio, Texas, untuk menuju kota Ciudad Acuña, Meksiko, apad 20 September 2021. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari deportasi yang dilakukan oleh pemerintah AS. (Foto: AP/Felix Marquez)

Ratusan migran asal Haiti pada Senin (20/9) menyeberangi sungai Rio Grande yang berlokasi di area perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko. Rombongan tersebut, yang di dalamnya juga terdapat segelintir kelompok migran asal Kuba dan Afrika, berupaya untuk menuju ke kota perbatasan Acuna di Meksiko.

Upaya penyeberangan itu dilakukan sejak pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk mengusir sebagian besar kelompok migran asal Haiti yang terdampar di Texas.

"Tidak ada makanan di Haiti, tidak ada pekerjaan, dan premanisme merajalela di sana," kata James Cesar, seorang guru Bahasa Prancis yang melarikan diri dari tanah airnya karena merasa takut akan situasi yang terjadi di sana.

Migran asal Hati telah menyeberangi sungai Rio Grande, yang berada di antara kota Ciudad Acuna di Meksiko dan kota Del Rio di Texas, AS, dalam seminggu terakhir. Mereka menyeberangi sungai tersebut melalui permukaan air setinggi lutut dan arus air yang cukup stabil selama seminggu terakhir.

Banyak dari mereka yang mencari pasokan makanan dan air untuk dibawa kembali ke tenda darurat di kota perbatasan Texas, Del Rio. Mereka mengeluh Amerika tidak memberi mereka cukup makanan dan air.

Lebih dari 6.000 migran Haiti telah dipindahkan dari perkemahan di Texas. (ps/rs)

Recommended

XS
SM
MD
LG