Tautan-tautan Akses

Rakyat Slovakia Ikuti Pemilihan Parlemen


Igor Matovic, pemimpin Partai Rakyat Jelata (OLANO) berhaluan tengah-kanan, menyapa para pendukungnya di markas partai OLaNO di Trnava, Slovakia, Minggu (1/3) dini hari. (Foto: Reuters)

Rakyat Slovakia, Sabtu (29/2), memilih parlemen baru. Partai-partai berhaluan tengah-kanan diperkirakan akan menang dan menggeser partai Smer berhaluan kiri yang tercoreng skandal.

Partai Smer telah berkuasa selama lebih dari satu dasawarsa.

Partai Rakyat Jelata (OLaNO) berhaluan tengah-kanan, yang dipimpin oleh Igor Matovic, unggul. Disusul Partai Sosial Demokrasi - Smer, yang dipimpin bekas perdana menteri populis Robert Fico.

Matovic, 46, telah berjanji untuk memerangi korupsi dan membersihkan politik, berkampanye dengan slogan: "Ayo Kalahkan Mafia Bersama."

Apabila dia menang sesuai perkiraan, Matovic kemungkinan akan menjadi perdana menteri baru. Dia diperkirakan akan membentuk pemerintahan koalisi dengan Slovakia Progresif/Bersama yang liberal, Bagi Rakyat yang konservatif dan dipimpin oleh mantan presiden Andrej Kiska, dan partai Kebebasan dan Solidaritas yang pro-bisnis. [vm/ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG