Tautan-tautan Akses

Rakyat Rusia Unjuk Rasa dalam Protes “Hari Kemarahan”


Koalisi kelompok oposisi menyerukan demo nasional “Hari Kemarahan” yang disebabkan oleh kekecewaan terhadap kebijakan ekonomi pemerintah.

Ribuan rakyat Rusia berdemo di kota-kota di seluruh negara itu untuk memprotes pemerintahan Perdana Menteri Vladimir Putin.

Koalisi kelompok-kelompok oposisi menyerukan demo nasional “Hari Kemarahan” yang disebabkan oleh kekecewaan terhadap kebijakan ekonomi pemerintah. Salah satu keluhan utama adalah meningkatnya harga bensin dan listrik.

Para demonstan lain menuntut kebebasan politik yang lebih besar, sedangkan sebagian yang lainnya menyerukan agar Putin meletakkan jabatan.

Dalam salah satu demo terbesar, lebih dari 1500 orang berkumpul di kota pelabuhan Laut Pasifik Vladivostok. Seribu demonstran lainnya berdemo di St. Petersburg.

Di kota Irkutsk, di Siberia, demonstran memprotes keputusan Putin untuk membuka kembali pabrik yang menurut penduduk setempat mencemari Danau Baikal, danau air tawar terdalam di dunia.

Demo-demo itu merupakan tanda-tanda terbaru kekecewaan terhadap Partai Putin, yakni Partai Persatuan Rusia , yang juga kehilangan dukungan di beberapa daerah dalam pemilihan lokal akhir-akhir ini.

XS
SM
MD
LG