Tautan-tautan Akses

Rakyat Rusia Pergi ke TPS untuk Pemilihan Presiden


Warga memilih di TPS 73, dekat Kremlin.
Warga memilih di TPS 73, dekat Kremlin.

Rakyat Rusia pergi ke TPS-TPS hari Minggu (18/3) untuk memberi suara dalam pemilihan presiden yang sudah pasti akan memperpanjang masa kepresidenan petahana Vladimir Putin. Putin sudah memimpin Rusia selama 18 tahun.

Ia menghadapi 7 orang saingan tetapi tidak ada ancaman yang berarti dari mereka. Masing-masing calon lain, di antaranya seorang bintang reality show dan seorang ultra-nasionalis, diperkirakan akan memperoleh sangat sedikit suara. Putin diperkirakan akan memperoleh lebih dari 50 persen suara, tetapi tim suksesnya berharap akan memperoleh 70 persen.

Pemilihan hari Minggu itu diadakan dalam 11 zona waktu, mulai dari timur jauh dan berakhir di daerah kantong Baltik, Kaliningrad. Hampir 109 juta orang terdaftar untuk turut memberi suara. Perusahaan polling milik negara VCIOM memproyeksikan partisipasi rakyat sebesar 71 persen.

Namun organisasi riset non-pemerintah Rusia Levada Center mengadakan survei pada bulan Desember yang mengindikasikan 58 persen pemilih berencana memboikot pemilu. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG