Tautan-tautan Akses

Rakyat Amerika Hari Ini Rayakan HUT Kemerdekaan


Kembang api raksasa menyelimuti angkasa Sungai Hudson dan sisi barat Manhattan di New York dalam Perayaan HUT Kemerdekaan AS tahun lalu (Foto: dok).
Kembang api raksasa menyelimuti angkasa Sungai Hudson dan sisi barat Manhattan di New York dalam Perayaan HUT Kemerdekaan AS tahun lalu (Foto: dok).

Rakyat Amerika hari ini (4 Juli 2012) merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan Amerika ke-236 dari kekuasaan Inggris.

Dari ujung utara Alaska hingga pantai Teluk Meksiko di selatan, rakyat Amerika hari ini akan merayakan Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Amerika yang ke-236 dari kekuasaan Inggris.

Puluhan juta warga Amerika, penduduk kota-kota kecil dan kota besar akan berderet di pinggir jalan yang dilintasi pawai atau parade, menonton kembang api sambil berpiknik, menonton konser dan berkumpul dengan keluarga.

Di Washington DC, ratusan ribu orang akan membanjiri Lapangan Nasional untuk menikmati konser yang disiarkan televisi ke seluruh Amerika dan pertunjukan kembang api besar-besaran.

Presiden Obama akan bergabung dengan USO untuk menjamu acara tahunan ke-4 Gedung Putih untuk menghormati militer dengan menikmati daging panggang, games dan konser oleh Band Marinir kepresidenan. Selain itu, putri Obama Malia genap berusia 14 tahun hari Rabu, tetapi tidak diketahui apakah dia akan merayakannya di pesta hari kemerdekaan ini.

Kembang api juga akan menyinari angkasa malam di atas medan-medan tempur bersejarah dari Perang tahun 1812 dan Perang Saudara Abad ke-19 Amerika. Pesta serupa akan diadakan di Philadelphia, Annapolis Maryland, dan Kota New York.

Ditulis oleh Thomas Jefferson tahun 1776, Proklamasi Kemerdekaan itu adalah lambang kebebasan yang paling dibanggakan Amerika. Kongres Kontinental dengan resmi menyetujui proklamasi itu beberapa minggu kemudian tanggal 4 Juli.
XS
SM
MD
LG