Tautan-tautan Akses

Rakyat Aljazair Tingkatkan Tekanan


Aksi unjuk rasa mengecam Presiden Abdelaziz Bouteflika di Place de la Republique, Paris, Minggu, 10 Maret 2019. (Foto: dok).

Mahasiswa Aljazair memprotes keputusan Presiden Abdelaziz Bouteflika untuk menangguhkan pemilihan presiden tanpa menetapkan batas waktu.

Pengumuman Bouteflika hari Senin untuk mundur dari pencalonan untuk masa jabatannya yang kelima telah disambut gembira oleh lawan-lawannya.

Tetapi hari Selasa, muncul keraguan mengenai keputusannya untuk menunda pemilu 18 April tanpa menetapkan tanggal pemilu baru, yang menurut lawan-lawannya dapat membuatnya berkuasa tanpa batas.

Para demonstran mempertanyakan kesehatan Bouteflika untuk menjabat presiden setelah serangan stroke tahun 2013 membuatnya lebih banyak tersembunyi dari pandangan umum. Mereka juga marah atas struktur kekuasaan yang dianggap rahasia dan korup di negara kaya minyak itu.

Alih-alih menuntut pemungutan suara baru, banyak demonstran yang kini menuntut agar Bouteflika mundur pada 18 April.

Protes mahasiswa dimulai hari Selasa di Aljir dan direncanakan berlangsung pula di kota-kota lain. Sementara itu protes nasional diperkirakan berlangsung hari Jumat. [uh]

XS
SM
MD
LG