Tautan-tautan Akses

Raja Minyak Rusia Mogok Makan di Penjara


Mikhail Khodorkovsky mogok makan untuk memprotes pelanggaran atas reformasi kehakiman tentang penahanannya.

Raja minyak Rusia yang sedang dipenjara Mikhail Khodorkovsky mengumumkan mogok makan untuk memprotes apa yang dikatakannya pelanggaran terhadap reformasi kehakiman tentang penahanan sebelum persidangan.

Khodorkovsky yang dulunya orang terkaya di Rusia mengatakan pengadilan Moskow yang mengadilinya atas tuduhan baru telah melakukan kesalahan keuangan melanggar UU Kriminal Rusia yang baru.

Sebuah UU yang disahkan bulan lalu oleh Presiden Dmytri Medvedev melarang penahanan sebelum persidangan terhadap orang-orang yang dikenai tuduhan melakukan kejahatan ekonomi.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Ketua Mahkamah Agung Rusia, Khodorkovsky mengatakan ia akan terus mogok makan sampai ia yakin Presiden Medvedev mengetahui pelanggaran itu.

Khodorkovsky, bekas pimpinan Yukos Oil yang kini bangkrut sedang menjalani hukuman delapan tahun yang dijatuhkan pada tahun 2005 karena melakukan penipuan dan penggelapan pajak. Dalam persidangannya yang terbaru, ia dituduh mencuri minyak dan melakukan pencucian uang.

XS
SM
MD
LG