Tautan-tautan Akses

Raja Arab Saudi Angkat Putranya Jadi Gubernur Mekkah


Raja Abdullah dari Arab Saudi (kanan) sedang berkonsultasi dengan saudara laki-lakinya Pangeran Mushal. (Foto: Dok)
Raja Abdullah dari Arab Saudi (kanan) sedang berkonsultasi dengan saudara laki-lakinya Pangeran Mushal. (Foto: Dok)

Pengangkatan ini memperlihatkan bahwa raja berusia 89 tahun itu terus menempatkan anggota keluarganya pada jabatan-jabatan teratas sejak ia dinobatkan 2005.

Raja Arab Saudi Abdullah mengangkat salah seorang putranya pada Minggu (22/12) sebagai gubernur Mekkah, jabatan bergengsi dan berpengaruh yang mencakup pengawasan tempat-tempat paling suci bagi umat Islam, menurut laporan media pemerintah.

Pangeran Mishaal, 43, merupakan putra keenam raja. Pengangkatannya memperlihatkan bahwa raja berusia 89 tahun itu terus menempatkan anggota keluarganya pada jabatan-jabatan teratas sejak ia dinobatkan 2005.

Kantor berita Saudi melaporkan bahwa Mishaal akan mengambil alih jabatan itu dari Pangeran Khalid yang berusia 73 tahun, yang memimpin urusan Mekkah selama enam tahun dan akan menjabat sebagai Menteri Pendidikan baru. Menteri yang akan digantikan, Pangeran Faisal yang juga menantu raja, memohon supaya ia dibebaskan dari jabatan itu, demikian menurut laporan.

Putra-putra raja yang menjabat posisi penting adalah Pangeran Mutaib, pemimpin Pengawal Nasional Arab Saudi; Pangeran Abdul Aziz, wakil Menteri Luar Negeri, dan Pangeran Turki, wakil gubernur ibukota Riyadh.
XS
SM
MD
LG