Tautan-tautan Akses

Putin Tekankan Pentingnya untuk Melindungi Kedaulatan Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato publik dari Moskow, Rusia, pada 21 September 2022. (Foto: Russian Presidential Press Service via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato publik dari Moskow, Rusia, pada 21 September 2022. (Foto: Russian Presidential Press Service via AP)

Beberapa jam setelah memerintahkan mobilisasi sebagian pasukan cadangan, Presiden Rusia Vladimir Putin memuji para tentara yang ia sebut sebagai “pahlawan” negara itu yang kini sedang bertempur di Ukraina, dan menekankan “tanggung jawab besar” untuk melindungi kedaulatan Rusia.

“Hari ini kita mengingat kembali apa yang ada sejak berabad-abad lalu dan memahami bahwa kita tidak hanya harus melestarikannya, tetapi juga melanjutkan tradisi nenek moyang kita. Bahwa kita masing-masing memiliki tanggung jawab besar pada Rusia, untuk melindungi dan memperkuat negara kita yang luas ini. Tanah Air tercinta,” ujar Putin.

Lebih jauh, ia mengatakan “menjadi patriot adalah esensi dari sifat dan karakter warga Rusia. Sekarang, dalam operasi militer khusus, para pahlawan, tentara dan perwira kita, secara sukarela menunjukkan kualitas kemanusian tertinggi, dengan bertempur bahu membahu secara berani demi menyelamatkan Donbas, demi langit yang damai bagi anak cucu kita, demi negara asalnya, yang akan selalu bebas dan mandiri.”

Pemimpin Rusia itu mengatakan sejarah telah menunjukkan bahwa melepaskan “kepentingan nasional” merupakan hal yang “sangat berbahaya.”

“Jangan berharap ada kesalahan seperti itu lagi dari pihak kita,” ujarnya kepada hadirin yang hadir dalam acara peringatan kenegaraan Rusia. Ia lalu menambahkan bahwa “kami tidak akan menyerah pada pemerasan dan intimidasi.” [em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG