Tautan-tautan Akses

Putin Tak Ambil Pusing Tuduhan Campur Tangan Pilpres AS


Presiden Rusia Vladimir Putin dalam wawancara dengan wartawan NBC News, Megyn Kelly, di Kaliningrad, Rusia, 2 Maret 2018. Foto dirilis 10 Maret 2018.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia tidak peduli mengenai tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden di Amerika kaena tidak ada kaitan dengan pemerintahannya.

Dalam wawancara dengan Megyn Kelly dari NBC News dan disiarkan, Sabtu (10/3), Putin juga mengemukakan bahwa sebagian dari 13 warga Rusia yang didakwa Amerika boleh jadi bukanlah etnis Rusia. “Barangkali mereka bahkan bukan orang Rusia. Tetapi dari Ukraina, Tatar atau Yahudi, namun memiliki kewarganegaraan Rusia, yang juga perlu diperiksa” kata dia.

Ketika ditanya apakah ia menyetujui campur tangan itu yang disebut dalam dakwaan penyelidik khusus Robert Mueller bulan lalu. Putin menjawab tegas “bagi saya itu semua sama, sama sekali tidak ada perbedaan sebab tidak mewakili pemerintah.”

Putin mengatakan, Rusia tidak mempunyai sarana atau kemauan untuk mencampuri pemilihan. Ia berulangkali mengeluh dalam wawancara itu bahwa Washington menepiskan inisiatif Rusia untuk bekerja sama dalam soal-soal keamanan siber. [ka/al]

XS
SM
MD
LG